Mengenal Beragam Macam Jagung yang Terpopuler Beserta Perbedaannya

Jagung Manis Kulit - Majukan Perekonomian Lokal | TaniHub
source gambar : tanihub.com

Jagung menjadi bahan yang sering digunakan untuk diolah menjadi masakan. Jagung ini bahkan bisa menjadi makanan utama atau pokok juga. Mungkin kita hanya tahu jagung ini satu macam atau jenis saja.

Padahal jagung ini memiliki beberapa macam jenis, bukan hanya satu macam saja. Berikut ini tujuh macam jenis jagung populer yang bisa kita temukan di pasaran.

  • Jagung Berondong

Pop corn mungkin menjadi kudapan yang disenangi banyak orang karena harum dan rasanya yang sangat lezat. Pop corn juga sering dihadirkan pada bioskop bioskop sebagai teman nonton.

Hidangan tersebut tidak lepas dari peran jagung berondong yang menjadi bahan dasar utama membuat popcorn. Biji jagung berondong ini kecil dan juga keras. Ada pun kelebihan jagung berondong ialah memiliki kelembaban tidak konstan yang menjadi uap ketika dipanaskan.

Oleh karena itu, jagung berondong akan mengembang kalau dipanaskan lalu berubah nantinya menjadi pop corn.

  • Jagung Manis

Dibandingkan dengan jagung berondong, mungkin jagung manis lebih familiar. Jagung manis ini sangat mudah kita temukan di pasar, supermarket atau tempat lain. Biasanya jagung manis bisa menjadi bahan olahan bakwan jagung, jasuke, campuran bahan untuk sayur asam, atau hidangan lainnya.

Jagung manis memiliki biji dengan ukuran sedang dan memiliki warna kuning cerah. Kalau jagung lainnya dipanen saat matang, berbeda kalau jagung manis. Untuk jagung manis ini, maka dipanen ketika masih muda. Hal tersebut tidak lepas karena rasa jagung manis ini yang sesuai namanya, manis.

  • Jagung Mutiara

Jenis jagung selanjutnya adalah jagung mutiara, jagung yang satu ini merupakan jagung yang memiliki warna paling menarik. Tampilan jagung mutiara didominasi dengan warna variatif.  Bentuk biji jagung mutiara cenderung kecil dan bulat.

Jagung tersebut akan mengerut pada saat matang, dan bijinya mempunyai tekstur licin.

  • Gigi Kuda

Mungkin kalian asing dengan jenis jagung yang satu ini. Ukuran jagung ini lebih besar jika dibandingkan dengan jenis jagung lainnya. Ada dua macam warna, yakni warna kuning seperti jagung biasanya dan juga ada warna putih.

Untuk yang warna kuning maka biasanya dipakai sebagai pakan ternak, sementara jagung yang berwarna putih dipakai untuk kita konsumsi. Biasanya jenis jagung satu ini diolah untuk roti jagung atau pun tepung jagung.

  • Jagung Ketan

Jenis jagung ketan memiliki biji berbentuk kecil dan juga mengilap. Jagung ini seperti ketan dengan teksturnya yang lengket, jagung ketan ini juga terasa lengket pada saat diolah. Pemakaian jagung ketan biasanya diolah untuk berbagai produk makanan.

  • Jagung Pod

Ada pun juga yang namanya jagung pod, jagung yang satu ini memiliki tampilan berbeda kalau dibandingkan jenis jagung lainnya. Bijinya dibalut dengan kulit jagung sehingga seluruh tongkol diselimuti kulit (kelobot). Selain itu, jagung pod juga mempunyai warna bervariasi.

  • Tepung Jagung

Untuk yang satu ini memang bukan benar-benar jenis jagung karena merupakan salah satu tepung dapur. Jagung biasa menjadi bahan pembuatan tepung maizena. Pada saat dipanaskan, maka bijinya akan mudah pecah. Maka dari itu, jagung bisa diolah menjadi tepung jagung.

Kalian bisa membeli produk pertanian seperti jagung lewat TaniHub. Dengan membeli lewat platform satu ini, maka artinya anda turut mendukung perekonomian dan pertanian lokal. Karena TaniHub menjalani sistem agribisnis langsung dari petani, jagung-jagung langsung diambil dari para petani yang pastinya telah disortir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *